Rabu, 31 Maret 2010

Fermi Sudah Tiba


nvidia_geforce_gtx_470
NVIDIA Fermi sudah menjadi bahan pergunjingan sejak diumumkan di San Jose, Amerika Serikat, bulan September 2009. NVIDIA menjanjikan akan menampilkan monster grafik ini secepatnya. Ternyata, 6 bulan kemudian, Fermi pertama baru hadir di hadapan kami. Kecewa? Belum tentu. Mari kita simak dulu pengujian yang dilakukan terhadap jagoan NVIDIA yang secara resmi diumumkan kehadirannya (dan ketersediaannya) pada tanggal 27 Maret 2010 (WIB) ini.
oleh Dedy Irvan dan Gatot Tri Yuwono

Sayangnya, Fermi yang kami dapatkan, bukanlah seri GTX480 atau seri tertingginya. NVIDIA Fermi dengan GPU GF100 yang kami peroleh adalah GTX 470, atau lebih pas disebut “Fermi Junior”. Akan tetapi, mengingat arsitekturnya yang rumit dan futuristik, kami tetap tertarik dan “deg-degan” saat menerimanya. Terutama mengingat pengujian dilakukan sebelum batas NDA. Jadi, sama sekali belum ada pihak lain yang diizinkan menampilkan hasil uji Fermi, saat kami menerimanya.
Berhubung teknologi Fermi sendiri sudah berulang kali dibahas di majalah CHIP, kami tidak akan membuang waktu Anda sia-sia dengan segala detail feature Fermi. Secara singkat, Fermi ini adalah GPU terbaru NVIDIA yang mengusung teknologi tercanggihnya. 512 SP dan 3 Milyar transistor rasanya sudah cukup untuk menjadikan Fermi card yang patut diwaspadai pesaingnya. Belum lagi kemampuannya untuk mengolah instruksi C++ secara native. Kian banyaknya aplikasi yang memanfaatkan CUDA dan game yang memakai feature PhysX juga membuat Fermi semakin menarik.

0 komentar: